Minggu, 28 Oktober 2012

MANCING di DERMAGA TPI PALOPO

Tempat Pelelangan Ikan (TPI) palopo adalah salah satu pelabuhan penyuplai ikan untuk daerah Luwu Raya, Sulawesi Selatan. Dermaga pelabuhan Ikan ini terletak di Kota Palopo, Sulsel. Pada musim penangkapan ikan, pelabuhan ini penuh dengan ikan tangkapan para nelayan yang bisa mencapai berton-ton ikan per hari. Nelayan di sini melakukan penangkapan ikan secara berkelompok dengan menggunakan Kapal Bagang. Ukuran kapal yang berbeda – beda ternyata mempunyai tugas yang berbeda pula. Kapal yang berukuran lebih kecil dan dilengkapi lampu yang sangat terang bertugas sebagai kapal penarik perhatian ikan. Setelah ikan ikan berkumpul, kapal ini akan memberi tanda kepada kapal – kapal yang lebih besar untuk menebar jaring dan menangkpa ikan. Ikan hasil tangkapan ini nantinya akan dibagi sesuai dengan kesepakatan para nelayan.

Selain sebagai aktifitas pelabuhan ikan, di dermaga pelabuhan ini ternyata juga merupakan tempat favorit untuk memancing. Masyarakat sekitar memanfaatkan dermaga TPI Palopo ini untuk menghabiskan waktu dengan memancing. Pada sore hari banyak para pemancing di sepanjang dermaga ini, dan salah satunya adalah saya dan teman. pemancing disini memiliki target yang beragam mulai dari ikan kerapu, anai/kanja (kakap putih), baronang, titang.



kami sering mengabiskan waktu luang untuk kegiatan mancing di dermaga ini. Dengan menggunakan umpan udang hidup dan joran tegek berukuran sekitar 1-3 meter, kami bisa mendapatkan beberapa jenis ikan bahkan sempat mendapat strike berupa belut laut. Bagi anda yang ingin mencoba sensasi mancing di pinggir dermaga, spot mancing TPI Palopo ini sangat potensial untuk dicoba.

1 komentar: