Tulisan ini,
akan mengeksplorasi manajemen
strategi yang dianggap
sebagai satu tipe spesifik dari suatu perencanaan di dalam sebuah manajemen. Misalnya, jika
ada minimal 2 perusahaan yang beroperasi dengan produk (barang dan jasa) yang
sama, maka salah satu di antaranya ingin keluar sebagai pemenang dalam
persaingan bisnisnya. Sebagai pemenang dalam dunia bisnis seringkali diartikan
mendapat pangsa pasar (market share) terbesar yang
nantinya akan mempunyai kekuatan monopoli dan jika monopoli dilarang oleh
pemerintah, maka minimal perusahaan tersebut menjadi perusahaan berstatus
pemimpin atau penentu harga (price setter atau price leader).
Masing-masing pihak akan
selalu berusaha untuk memenangkan persaingan dan melakukan analisis tentang
kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity) dan ancaman
(threats) satu sama lain. Kelemahan dirinya dan ancaman dari perusahaan pesaing
akan selalu dianalisis dan diantisipasi yang kemudian akan diperbaiki agar
tidak mudah diserang atau ditundukkan oleh perusahaan pesaing.
Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa inti dari manajemen strategi adalah memenangkan persaingan. Karena
manajemen strategi selalu
berusaha memenangkan persaingan, maka mau tidak mau perusahaan harus senantiasa
menganalisis diri dan memperbaiki diri agar tampil lebih baik dari perusahaan
pesaing.
Makalah Manajemen Strategi bisa didownload di:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar